00.36 | Posted in

Satelit Indostar II adalah satelit buatan terbesar di indonesia, satelit yang digunakan untuk penyiaran televisi indonesia ini dapat mencakup penyiaran sampai Filipina, Taiwan, bahkan sampai negara India. Satelit ini umumnya diinvestasikan oleh pihak MNC Sky Vision, satelit ini dibuat oleh Boeing Satellite System di Los Angeles, California, AS, dalam waktu 20 bulan. Peluncuran satelit Indostar II ini mengunakan Roket Brezze M yang dibuat oleh Khrunichev State Research di Moskow.Satelit yang memiliki umur orbit 15 tahun lebih ini menggunakan platform BS 601 HP. Dengan tinggi 4 meter, panjang 3,6 meter, dan lebar 2,7 meter, berat satelit saat diluncurkan 4150 kilogram. Sementara, dengan bentangan solar panel 26,2 meter akan menghasilkan kapasitas listrik 9,9 kilowatt.
Indovision telah meluncurkan satelit Indostar II ini pada 17 Maret 2009 di Baikonour, Kazakhstan
di ketinggian 35.786 km dan berlokasi pada orbit 107,7o Bujur Timur (BT) jam 06.58 waktu Boikonur atau 07.58 WIB. Satelit yang menelan biaya US$ 300 juta ini merupakan pengganti satelit Cakrawarta yang segera habis masa orbitnya. Dalam pengadaan ini, Indovision (Media Citra Indostar) bekerja sama dengan Protostar membangun satelit yang bisa disebut juga dengan nama satelit Protostar II. satelit ini memiliki kapasitas transponder S-band sepuluh buah atau dua kali lipat dari satelit sebelumnya ini menggunakan teknologi MPEG-2 dan MPEG-4. Selain S-band, satelit Indostar II ini juga menyediakan transponder Ku-band sebanyak 12 buah yang diarahkan ke India dan 10 buah ke arah Indonesia, Filipina, dan Taiwan.

Satelit Indostar II milik MNC Sky Vision ini membawa 32 transponder untuk keperluan akses telekomunikasi, internet, dan penyiaran. Satelit buatan Boeing model BS 601 HP ini menyediakan layanan komunikasi dua arah dengan kecepatan tinggi untuk jasa internet, data, suara, video dan multimedia. Dari 32 transponder yang dimiliki, 10 transponder aktif dan 3 transponder cadangan akan difungsikan sebagai penguat gelombang frekuensi S-Band untuk menyediakan jasa layanan penyiaran langsung ke rumah-rumah atau (Direct-To-Home/DTH) Indostar II akan memiliki kapasitas dua kali lebih banyak daripada Indostar I. Dengan penambahan ini, yang tadinya cuma memiliki 60 channel akan bertambah menjadi 120-150 channel.
Satelit BS 601 HP buatan Boeing merupakan penjualan terbaik di dunia untuk satelit komunikasi berukuran sedang. Boeing memiliki fasilitas untuk pembuatan, perakitan, penggabungan dan pengetesan satelit di atas komplek pabrik seluas satu juta kaki persegi di El Segundo, Amerika Serikat.
Satelit Indostar sejatinya dikelola Media Citra Indostar (MCI) meski wewenang dalam pelaksanaan untuk penyiaran mutlak dikendalikan MNC Sky Vision. Dengan adanya satelit Indostar II ini, penyelenggara siaran di indonesia semakin berkembang dan mengalami kemajuan, selain itu akses Internet Juga Semakin Bertambah. Satelit Indostar II pada MCI ini menggunakan spektrum 2,5 GHz dengan jumlah pita selebar 150 MHz.

Semoga Pertelevisian Indonesia Menjadi Sangat Berkembang dengan adanya SATELIT INDOSTAR II. Oleh Karena Itu Kita Harus Bersyukur Dengan Satelit Indostar II, Bukankah Begitu..??

Amin.


Category:
��

Comments

1 Response to "Satelit Indostar II"

  1. Kacong Cupid Beudthz On 4 Juli 2009 pukul 00.07

    Visit Me http://boybloglinux.blogspot.com